news1

Berinvestasi saham adalah aktivitas yang menarik sekaligus menantang. Menarik karena potensi keuntungan finansial (imbal hasil) yang besar. Menantang karena banyaknya pilihan dan potensi risiko yang cukup besar seiring dengan kemungkinan imbal hasilnya. Nah, berikut tiga cara praktis untuk mulai berinvestasi saham secara online untuk meraih kemapanan di masa depan:

1. Kenalan dengan Saham

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), definisi saham adalah penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas yang dilakukan oleh investor. Karena ikut menanamkan modal, maka investor punya klaim atas pendapatan perusahaan dan aset perusahaan, serta berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Atas dasar itu, saham menjadi dokumen berharga karena merupakan tanda kepemilikan sah sebuah perusahaan.

Lalu kenapa harus berinvestasi di saham online? Karena berinvestasi saham online sangat mudah dilakukan seiring dengan kemudahan akses digital.

Kemudahan tersebut harus didukung dengan kemampuan untuk menganalisis, baik secara fundamental maupun teknikal. Analisis fundamental berpusat pada pengetahuan mendalam mengenai pertumbuhan ekonomi, serta kemampuan menganalisis data finansial dari emiten saham, sementara analisis teknikal bertujuan mengevaluasi saham dengan fokus khusus pada harga dan volume.  

Jadi aktivitas investasi saham membutuhkan dasar ilmu dan perhitungan untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat mengikuti kelas-kelas edukasi pasar modal yang digelar oleh BEI dan perusahaan-perusahaan seperti Mandiri Sekuritas.

2. Memilih Broker yang Tepat

Broker adalah perusahaan sekuritas yang menjadi perantara perdagangan saham antara investor dengan emiten di pasar modal. Pastikan pilih perusahaan sekuritas yang terpercay, memiliki track record kesehatan keuangan serta produk dan layanan yang baik. Sekarang ini, perusahaan sekuritas menyediakan layanan platform trading online bagi para investor individu atau ritel, serta kelas edukasi untuk mendukung kinerja investor dalam berinvestasi. Pastikan broker yang Anda pilih memiliki layanan ini, sehingga Anda dapat terus meningkatkan pengetahuan dan keahlian tentang saham.

3. Rancang Strategi Investasi

Imbal hasil yang maksimal dapat diraih dengan strategi investasi yang tepat. Perusahaan-perusahaan sekuritas menyediakan layanan simulasi online trading agar para investor dapat mencoba sebelum benar-benar bertransaksi. Dalam simulasi online trading, investor jadi mengenal strategi investasi saham dan dapat mencobanya berulang kali untuk mempertajam strategi. Selain simulasi online, investor juga dapat mengikuti training yang disediakan gratis oleh perusahaan-perusahaan seperti Mandiri Sekuritas baik secara online maupun in-class untuk memperkuat strategi. Selain itu, banyak komunitas edukasi saham yang dapat memperkaya wawasan dan saling memotivasi untuk sukses berinvestasi.

Investasi saham merupakan salah satu alternatif untuk meraih kemapanan keuangan di masa depan. Investasi saham dapat dilakukan kapan saja, dimana saja secara mudah, aman dan gak ribet.

Share to